Jumat, 28 Januari 2011

Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik

Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI – KAPd) didirikan melalui rapat pembentukan pada tanggal 16 Maret 1996 di Jogyakarta. Dalam rapat pembentukan tersebut juga ditetapkan Pengurus IAI-KAPd Periode 1996-1999. Rencana stratejik yang terdiri dari Visi, Misi, Nilai-nilai, Sasaran, dan Program Pengembangan IAI-KAPd pertama kali disusun melalui rapat kerja Pengurus Periode 1996-1999 pada tanggal 23 Juli 1996.

Selanjutnya berdasarkan keputusan Rapat Anggota IAI-KAPd yang diselenggarakan pada tanggal 25 Agustus 2006 di Padang Sumatera Barat dalam rangkaian acara Simposium Nasional Akuntansi ke sembilan, kami pengurus IAI-KAPd periode 2006-2008 memperoleh kepercayaan untuk melanjutkan pengurus IAI-KAPd yang sama pada periode 2004-2006 yang telah mengakhiri masa baktinya.


Sekilas Tentang IAI

IAI merupakan satu-satunya organisasi profesi Akuntan Indonesia yang didirikan pada tahun 1957. Sampai saat ini Akuntan yang tercatat sebagai anggota IAI berjumlah kurang lebih 5000 orang, terdiri dari Akuntan Publik, Akuntan Manajemen, Akuntan Pendidik, dan Akuntan yang bekerja di sektor Pemerintah.

Tujuan pembentukan organisasi IAI adalah:

1. Mengembangkan dan menjaga peran profesi Akuntan dalam masyarakat sesuai dengan perkembangan zaman.
2. Memelihara martabat dan kehormatan Profesi Akuntan.
3. Meningkatkan kecakapan dan tanggung jawab profesional Anggota.
4. Mengembangkan penelitian, pendidikan dan pelatihan, serta pemasyarakatan teori dan praktik profesi dan jasa-jasa lain yang terkait dengan akuntansi, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan lingkungannya.
5. Meningkatkan peran Profesi Akuntan dalam pembangunan nasional.

Untuk mencapai tujuan di atas, IAI menyelenggarakan kegiatan dan usaha-usaha antara lain sebagai berikut:

1. Mengembangkan standar profesi akuntan dan standar akuntan secara berkesinambungan.
2. Menyelenggarakan penerbitan, perpustakaan, pelatihan, dan penelitian di bidang akuntansi.
3. Menyelenggarakan ujian sertifikat profesi.
4. Meningkatkan mutu dan kinerja pendidikan profesi berkelanjutan bagi anggota.
5. Mendorong dan memelihara pelaksanaan standar profesi dan kode etik oleh Anggota.
6. Mengembangkan pengetahuan baru berkaitan dengan akuntansi.

Kegiatan rutin yang telah diselenggarakan oleh IAI adalah sebagai berikut:

* Penerbitan Majalah "Media Akuntansi"
* Penyelenggaraan Konvensi Nasional Akuntansi (4 tahun sekali)
* Penyelenggaraan Kongres (4 tahun sekali)
* Seminar, Lokakarya, dan Forum Ilmiah lainnya
* Pelatihan-pelatihan

Organisasi IAI mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, sejalan dengan tuntutan perkembangan lingkungan. Untuk memenuhi kebutuhan khusus anggota IAI pada bidang-bidang pekerjaan tertentu, IAI membentuk kompartemen yang terdiri dari:

* Kompartemen Akuntan Publik: anggotanya adalah para akuntan yang pekerjaan utamanya berpraktik sebagai Akuntan Publik
* Kompartemen Akuntan Pendidik: anggotanya adalah para akuntan yang pekerjaan utamanya sebagai akuntan pendidik
* Kompartemen Akuntan Manajemen: angotanya adalah para akuntan yang pekerjaan utamanya sebagai eksekutif baik di perusahaan negara maupun pemerintah.

Pada Kompartemen Akuntan Publik terdapat kelompok akuntan publik yang terdaftar di pasar Modal. Mereka Membentuk Forum Akuntan Pasar Modal (FAPM).

Untuk mengantisipasi perkembangan aktivitas organisasi, IAI menbentuk sekretariat tetap yang akan diisi oleh staf permanen yang bekerja secara purna waktu. Pada masa-masa mendatang operasi sehari-hari IAI akan dikelola oleh staf permanen tersebut.


Rencana Strategik IAI KAPd

Kegiatan IAI-KAPd periode 2004-2006 dilaksanakan berdasarkan program kerja yang telah ditetapkan dalam rapat kerja pengurus pada bulan Februari 2004 di Jogyakarta. Dalam rapat kerja tersebut juga telah disepakati untuk penyempurnaan rencana stratejik yang telah disusun oleh pengurus periode sebelumnya, yang terdiri dari Visi, Misi, Nilai-nilai moral, Sasaran dan strategi sebagai berikut:
Visi IAI-KAPd

1. Terwujudnya akuntan pendidik bermoral yang tanggap terhadap perkembangan dan perubahan lingkungan bisnis, teknologi informasi, dan manajemen.
2. Terwujudnya organisasi yang mampu berperan serta dalam menentukan arah perkembangan pendidikan dan penelitian akuntansi.

Misi yang diemban oleh IAI-KAPd

1. Mengembangkan kemampuan akuntan pendidik dalam bidang pendidikan dan penelitian akuntansi.
2. Meningkatkan keberadaan dan peran organisasi guna membantu pengembangan penyelenggaraan pendidikan akuntansi.

Nilai-nilai moral yang dianut oleh IAI-KAPd

1. Ketakwaan
2. Integritas
3. Intelektualitas
4. Profesionalisme

Sasaran yang ingin dicapai oleh IAI-KAPd

1. Meningkatkan kemampuan akuntan pendidik dalam bidang pendidikan dan penelitian akuntansi dengan dilandasi nilai-nilai moral.
2. Meningkatkan peran serta organisasi dalam penentuan arah pendidikan akuntansi di Indonesia.

Strategi yang ditempuh oleh IAI-KAPd

1. Menyebarluaskan perkembangan akuntansi.
2. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, lokakarya, seminar, dan kegiatan pendidikan lainnya.
3. Menjalin kerjasama antar lembaga pendidikan dan penelitian di dalam dan luar negeri.
4. Menjalin kerjasama dengan lembaga internal dan eksternal organisasi IAI.
5. Menciptakan suasana kondusif untuk penelitian akuntansi.


Program Kerja IAI KAPd

Program kerja atau rencana kerja operasional IAI-KAPd periode 2004-2006 ynag disusun berdasarkan rencana stratejik tersebut, dikelompokkan ke dalam tiga program utama, yaitu: 1) Bidang pendidikan, 2) Bidang penelitian, dan 3) Bidang kerjasama.

Deklarasi dan Seminar

BNSP telah mensyaratkan 3 pilar berdirinya suatu LSP yaitu: 1) dukungan para stakeholder, 2) Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), dan 3) pranata lembaga. Untuk mendapatkan dukungan para stakeholder, maka telah diadakan acara Deklarasi dan Seminar LSP-TA. Pada acara deklarasi, keberadaan LSP-TA telah mendapatkan dukungan sepenuhnya Menakertrans RI dan para pemangku jabatan. SKKNI akan segera dilakukan pengkajian kembali untuk disesuaikan dengan kondisi saat ini. LSP-TA akan mencoba adopsi standar kompetensi kerja untuk teknisi akuntansi dari standar yang dirumuskan oleh Association of Accounting Technician (AAT) di UK Inggris.
Uji Kompetensi dan Sertifikasi LSP

Uji kompetensi teknisi akuntansi adalah ujian dalam bidang akuntansi yang diselenggarakan oleh LSP-TA. Sasaran LSP-TA adalah lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Sekolah Menengah Umum (SMU), Diploma dan umum.

1 komentar:

  1. Selamat siang kak, boleh saya bertanya ? Referensi untuk nilai moral yang ada pada Akuntan Pendidik apakah saya boleh minta ? Untuk keperluan skripsi kak. Terima kasih :)

    BalasHapus