Kamis, 26 Mei 2011

BAB IV PDB, Pertumbuhan & Perubahan Struktur Ekonomi

Pertumbuhan dan Perubahan Struktur Ekonomi

Umumnya pemerintah yang terpilih di Indonesia selalu orientasi utamanya yaitu pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pertumbuhan ekonomi memang penting umumnya untuk kemajuan negara. Indonesia yang kebanyakan penduduknya hidup dibawah garis kemiskinan merupakan suatu masalah besar, ditambah dengan adanya pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi. Untuk menaikan pertumbuhan ekonomi pemerintah harus lebih gencar menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih luas, serta pelatihan kerja bagi orang-orang awam. Sehingga menjadi tenaga kerja terlatih. Untuk meningkatkan pendapatan perkapita perseorangan dan juga meningkatkan investasi yang lebih besar.

Pertumbuhan Ekonomi Selama Orde Baru Hingga Saat Ini

Pada zaman pemerintahan orde baru sebelum krisis moneter terjadi pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa dibilang sangatlah luar biasa, pertumbuhan ekonomi yang terjadi saat itu merupakan titik awal kemajuan negara Indonesia. Sejak pelita 1 dimulai PN Indonesia perkapita mengalami peningkatan relatif tinggi setiap tahun dan pada akhir dekade 1980-an telah mendekati US$500, hal ini disebabkan oleh pertumbuhan PDB rata-rata pertahun juga tinggi 7%-8% selama 1970-an dan turun ke 3%-4% pertahun selama 1980-an. ekspor Indonesia, baik komoditas primer maupun barang-barang industri maju, seperti AS, jepang, dan eropa barat yang merupahkan pasar penting ekspor indonesia. Dampak negative dari resensi ekonomi dunia tahun 1982 terhadap perekonomian Indonesia terutama terasa dalam laju perumbuhan ekonomi selama 1982- 1988 jauh lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya. Karena pengalaman menujukan bahwa biasanya resensi ekonomi dunialebih mengakibatkan permintaan dunia berkurang terhadap bahan-bahan baku (sebagian besar di ekspor oleh NSB) daripada permintaan terhadap barang-baraang konsumsi, seperti alat-alat rumah tangga dari elektronik dan mobil (pada umumnya adalah ekspor negara-negara maju).
Ekonomi mencapai klimaksnya, yakni tahun 1998, laju pertumbuhan PDB jatuh dratis hingga 13,1%. Namun, pada tahun 1999 kembali positif walaupun kecil sekitar 0,8% dan tahun 2000 ekonomi Indonesia sampai mengalami laju pertumbuhan yang tinggi hampir mencapai 5%.
Antara tahun 1990 hingga setahun menjelang krisis ekonomi, ekonomi indonesia tumbuh rata-rata pertahun diatas 8%. Kemajuan yang dicapai oleh cina dan india memang sangat menakjubkan. Pada awal dekade 90-an, pertumbuhan ekonomi dikedua Negara besar tersebut masing-masing tercatat hanya 3,8% dan 5,3%. Namun, pada pertengahan dekade 90-an, pertumbuhan kedua negara itu sudahmenyamai bahkan melewati persentasi Indonesia.

Faktor Penentu Prospek Perekonomian Ekonomi Indonesia

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi diantaranya, faktor ekonomi yang memengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diantaranya adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian atau kewirausahaan.

Perubahan Struktur Ekonomi

Apa itu perubahan struktur ekonomi? Perubahan struktur ekonomi adalah komposisi peranan masing-masing sektor dalam perekonomian baik menurut lapangan usaha maupun pembagian sektoral ke dalam sektor primer, sekunder dan tersier.
Berikut merupakan hal-hal yang harus dilakukan.

1. Produktivitas tenaga kerja persektor secara keseluruhan
2. Kebijakan pemerintah yang mendorong pertumbuhan dan pengembangan sektor dan komoditi unggulan
3. Adanya pusat-pusat pertumbuhan baru yang muncul dalam wilayah daerah
4. Kegairahan masyarakat untuk berwirausaha dan melakukan investasi secara terus-menerus
5. Adanya modernisasi dalam proses peningkatan nilai tambah dari bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar