Senin, 28 Februari 2011

PEREKONOMIAN INDONESIA

Pendahuluan

Sistem Perekonomian suatu bangsa adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk ditinjau. Karena sistem ekonomi merupakan tolak ukur pertumbuhan suatu negara. Setiap negara mempunyai sistem ekonomi yang berbeda-beda. Begitu pula halnya dengan negara kita Indonesia. Di era tahun 90-an, Indonesia memiliki sistem ekonomi yang kuat. Namun hal itu tidak bertahan hingga sekarang, dimana perekonomian menjadi alasan dasar setia aspek kehidupan. Sangat banyak penyimpangan – penyimpangan yang terjadi dalam hal ekonomi, baik itu harga – harga kebutuhan yang tidak seimbang dengan pendapatan masyarakat¸ KKN, dan kemiskinan.

Isi

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 250 Miliar

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 250 miliar untuk operasi pasar minyak goreng karena harga di pasar belum terkendali. Dana tersebut dikucurkan dalam bentuk Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah bagi minyak goreng kemasan.

Operasi pasar akan difokuskan di delapan kota di Indonesia. Hal tersebut dikemukakan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryi di Jakarta.

Operasi pasar digelar dengan melibatkan 24 produsen minyak goreng yang sepakat memproduksi Minyakita, yakni merek yang dikembangkan pemerintah sebagai merek generik khusus untuk minyak goreng kemasan berharga murah.

Operasi pasar akan difokuskan di kota – kota pasar yakni Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makasar dan Aceh.

Berdasarkan data Kemperdag, harga rata- rata minyak goreng nasional per tanggal 10 Februari tercatat Rp 11.256 per kilogram, sementara harga minyak goreng kemasan 620 mililiter Rp 9.135. kenaikan harga minyak goreng dipicu oleh kenaikan harga crude palm oil (CPO) di tingkat dunia.

Berdasarkan pemantauan di sejumlah pasar tradisional di Jakarta, harga minyak goreng curah saat ini belum turun atau berada di level Rp 11.000 – Rp 11.500 per kg. Kondisi ini bukan dipengaruhi faktor menipisnya pasokan, melainkan dipicu kenaikan harga bahan baku CPO di pasar dunia. Menurut Ali Hasan, pedagang di Pasar Cipinang Besar, tren lonjakan harga ini mulai terjadi akhir Desember 2010. Kenaikan harga bertahap terus terjadi hingga awal Februari 2011, dengan rata – rata kenaikan sebesar Rp 500 per kg. Lonjakan harga terutama terjadi pada minyak goreng curah kualitas menengah atau jenis minyak goreng yang banyak dibeli konsumen.

Suherman, pedagang di pasar Palmerah membenarkan hal itu. Jika minggu lalu harga masih Rp 11.000 per kg,awal minggu ini sudah naik menjadi Rp 11.500 per kg. Dua minggu lalu, harga minyak goreng bahkan masih di kisaran Rp 10.750 per kg. Kondisi itu membuat sejumlah konsumen beralih ke minyak goreng kemasan karena harganya lebih murah. Selisihnya memang tidak jauh. Namun di tengah mahalnya harga sembako, hal itu menjadi signifikan bagi kalangan ibu rumah tangga.

Sumber : Kompas, Sabtu, 12 Februari 2011

Dengan melonjaknya harga minyak goreng di pasaran saat ini, kebijakan pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp 250 miliar merupakan keputusan yang benar. Karena minyak goreng merupakan salah satu bahan kebutuhan rumah tangga yang sangat dibutuhkan. Alangkah lebih baik jika pemerintah memberikan subsidi yang lebih bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah adanya tindakan tegas dan keras dari pemerintah agar dana yang dikucurkan untuk masyarakat tidak ‘’menguap’’ sebelum sampai tujuan. Karena dana – dana tersebut adalah subsidi untuk masyarakat. Jika tidak dari sekarang bertindak tegas, maka perekonomian negara kita tidak akan pernah membaik. Diharapkan dengan adanya subsidi minyak goreng ini, masyarakat akan sedikit terbantu menjelang harga minyak goreng normal kembali.

Disiapkan Belanja Modal BUMN

Anggaran belanja modal yang telah disiapkan seluruh badan usaha milik negara tahun 2011 mencapai 40 miliar dollar AS atau sekitar Rp 380 triliun. Anggaran ekspansi usaha tersebut diarahkan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan program koridor ekonomi.

Program tersebut akan diluncurkan Presiden pada April 2011. Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan hal tersebut di Bogor, Jawa Barat.

Menurut Hatta , poin utama dalam pertemuan tersebut adalah mengarahkan gerak investasi seluruh BUMN ke program utama yang sedang diusung pemerintah, yakni visi 2025 yang disiapkan dalam sebuah rencana induk atau master plan. Saat ini seluruh BUMN memiliki belanja operasional yang jauh lebih besar dibandingkan dengan belanja modalnya. Belanja operasional BUMN mencapai Rp 1.000 triliun, tetapi belanja modal mereka masih kecil, yakni Rp 290 triliun. Dalam hal ini direkomendasikan agar BUMN menekan belanja operasional dan lebih meningkatkan belanja modal. Hanya dengan cara ini kontribusi BUMN pada pembangunan dapat meningkat.

Sementara itu Ketua Komite Ekonomi Nasional, Chairul Tanjung menyebutkan jika BUMN dapat meningkatkan belanja modal ke level Rp 310 triliun , investasi yang berasal dari dalam negeri akan meningkat signifikan. Langkah itu akan memicu bertambahnya lapangan kerja baru. Kelamahan pembangunan ekonomi Indonesia adalah munculnya ketidakselarasan antara pemikiran pakar ekonomi dan pakar teknologi. Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga belum di dukung oleh kreativitas pelakunya, termasuk belum masuk dalam rencana induk yang sedang di susun pemerintah.

Atas dasar itu , setiap inovasi cenderung belum ekonomis karena belum dilibatkan ketika pelaku usaha memasuki pasar. Akibatnya, investasi yang mencapai 150 miliar. Kita bisa memulai dari hal – hal yang dekat terlebih dahulu. Carrefour yang dikelola Pak Chairul Tanjung misalnya dengan satu aturan, pemerintah bisa mendorong Carrefour supaya menyediakan 70 persen tempatnya untuk produk inovatif nasional.

Sumber : Kompas, Sabtu, 12 Februari 2011.

Dari hal di atas dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi sangat erat hubungannya dengan kreativitas setiap pelaku ekonomi. Pelaku ekonomi sangat diharapkan dapat menciptakan ide – ide yang kreatif dalam memasuki pasar.

Saat ini BUMN sangat diharapkan meningkatkan belanja modal. Karena dengan demikian, investasi dalam negri akan meningkat dan dampak positifnya adalah banyaknya tercipta lapangan pekerjaan baru. Dengan semakin banyaknya lapangan pekerjaan baru, pengangguran akan semakin berkurang. Dan hal ini tentu saja sangat membantu perekonomian masyarakat.

Namun, yang menjadi penghambat perekonomian Indonesia saat ini adalah perbedaan pendapat antara pakar ekonomi dan ilmuan. Hal ini tentu saja berdampak negatif bagi masyarakat. Karena sosok pakar ekonomi dan ilmuan mempunyai proporsi penting bagi pemikiran masyarakat.

Hal yang paling penting saat ini adalah bagaimana caranya kita menginovasikan produk dalam negeri kita secara maksimal. Dengan pencapaian yang baik, kita dapat memulihkan perekonomian negara kita. Apalagi jika kita dapat memasarkan produk negeri kita ke mancanegara.

Penutup

Perekonomian negara kita memang sedang mengalami krisis. Banyak aspek yang menjadi pemicunya. Namun semuanya dapat di atasi jika setiap warga negara menjalankan hak dan kewajibannya secara ‘balance’’. Pemerintah menjalankan fungsinya secara benar, menghindari KKN yang memakan subsidi untuk rakyat. Begitu juga dengan masyarakat yang menjalankan kewajibannya dengan bekerja dengan benar. Selain itu semua, setiap masyarakat khususnya kaum pemuda, diharapkan memiliki ide – ide yang kreatif yang dapat menginovasikan suatu produk yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan demikian investasi negara kita akan bertambah dan akan terjadi pengurangan pengangguran di Indonesia. Cepat atau lambat, maka perekonomian negar kita akan segera membaik.

2 komentar:

  1. Aku harus bersaksi tentang perbuatan baik dari Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Saya Husnah dan saya mengambil waktu saya keluar untuk bersaksi Ibu Amanda karena dia akhirnya menawarkan saya.
    Saya dan suami saya masuk ke utang yang sangat besar dengan Bank dan kami mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang meninggalkan kami bangkrut sampai saya datang di kontak dengan Ibu Amanda, yang menawarkan pinjaman. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman. Anda dapat menghubungi dia hari ini untuk pinjaman apapun dan jumlah.
    Hubungi Ibu Amanda melalui salah satu email berikut. amandaloans@qualityservice.com atau amandarichardson686@gmail.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arahan lebih lanjut ikmahusnah@gmail.com

    BalasHapus
  2. Halo semuanya
    Ini adalah PINJAMAN SANDRA WALKER kami memberikan kredit / pinjaman kepada semua klien kami yang terhormat yang telah kehilangan harapan untuk mencapai kemandirian finansial bahkan dengan nilai kredit nol. Anda dapat menjadi dermawan yang baik ketika Anda melalui layanan keuangan yang akan kami berikan kepada Anda. Lupakan kedatangan keuangan singkat yang Anda hadapi dengan fokus kami pada kami dan kami menjamin Anda bahwa tidak ada yang bisa menandingi kehidupan kredit Anda ketika pinjaman Anda telah dicairkan dalam waktu sesingkat mungkin karena semua proses kami sangat fleksibel dan ramah. Silakan hubungi kami segera melalui.
    email kami: [sandrawalkerloan1@gmail.com]

    BalasHapus