Sabtu, 02 Januari 2010

END-USER COMPUTING SEBAGAI MASALAH STRATEGIS

Pemkai Akhir Tingkat Menu (Menu-level end-user)
Sebagian pemakai akhir tidak mampu menciptakan perangkat lunak mereka sendiri, tetapi dapat berkomunikasi dengan perangkat lunak jadi (prewritten software) dengan menggunakan menu-menu seprti yang di tampilkan oleh perangkat lunak berbasis Windows dan Mac.
Pemakai Akhir Tingkat Perintah (Command level end-users)
Sebagian pemakai akhir memiliki kemampuan menggunakan perangkat lunak jadi yang lebih dari sekedar memilih menu. Para pemakai akhir ini dapat menggunakan bahasa perintah dari perangkat lunak untuk melaksanakan operasi aritmatika dan logika pada data. Contohnya, pemakai Microsoft Excel dapat menggunakan perintah-perintah khusus untuk menyelesaikan proses yang tidak mungkin dilakukan melalui penggunaan menu.
Pemakai Akhir Tingkat Programer (end-user programmers)
Sebagian pemakai akhir dapat menggunakan bahasa-bahasa pemrograman seperti BASIC atau C++, dan mereka dapat mengembangkan program-program yang disesuaikan deengan kebutuhan mereka sendiri.
Personil Pendukung Fungsional (functional support personnel)
Di sejumlah perusahaan, para spesialis informasi adalah anggota dari unit-unit fungsional, bukannya unit jasa informasi. Personil pendukung fungsional ini adalah spesialis informasi dalam arti sesungguhnya, tetapi mereka berdedikasi pada era pemakai tertentu dan melapor pada manajer fungsional mereka.
Jenis-jenis Aplikasi Pemakai Akhir :
1.Sistem pendukung keputusan (DSS) yang relative mudah
2.Aplikasi kantor virtual yang memenuhi kebutuhan perseorangan
Selebihnya adalah tanggung jawab spesialis informasi untuk bekerja sama dengan pemakai dalam mengembangkan :
1.Aplikasi SIM dan SIA
2.DSS yang rumit
3.Aplikasi kantor virtual yang memenuhi kebutuhan organisasional
4.system berbasis pengetahuan
Manfaat End-User Computing
EUC memberi manfaat bagi perusahaan dalam dua cara utama : EUC menyeimbangkan kemampuan pengembang dengan tantangan system, serta EUC menghilangkan atau mengurangi kesenjangan komunikasi antara pemakai dan spesialis informasi.
Menyeimbangkan Kemampuan dan Tantangan
Pemindahan beban kerja dari pengembangan system ke area pemakai membebaskan para spesialis untuk berkonsentrasi pada system yang rumit dan berlingkup organisasi, sehingga mereka dapat bekerja lebih baik pada area bidang tersebut. Para spesialis juga dapat mencurahkan lebih banyak waktu untuk memelihara system yang ada suatu bidang tanggung jawab yang penting.
Mengurangi Kesenjangan Komunikasi
Kesulitan komunikasi antara pemakai dan para spesialis informasi telah mengganggu pengembangan system sejak masa awaladanya computer. Pemakai memahami bidang permasalahan dengan lebih baik dari pada teknologi computer. Sebaliknya, spesialis adalah pakar dalam teknologi tetapi tidak menguasai bidang permasalahan. Dengan membiarkan pemakai mengembangkan aplikasi mereka sendiri, tidak ada kesenjangan komunikasi karena tidak diperlukan komunikasi. Demikian pula, ketika pemakai mengembangkan sebagian system mereka, kesnjangan ini berkurang.
Risiko End-User Computing
Manfaat EUC bukannya tanpa biaya, ketika para pemakai mengembangkan system mereka sendiri, perusahaan dihadapkan pada sejumlah risiko.
Sistem yang buruk sasarannya
Pemakai akhir mungkin menggunakan computer untuk aplikasi yang seharusnya dilakukan dengan cara lain, misalnya secara manual.
Sistem yang buruk Rancangan dan Dokumentasinya
Pemakai akhir, walau memiliki pengetahuan yang tinggi tentang computer, tidak dapat menandingi profesionalisme spesialis informasi dalam hal merancang system. Selain itu, karena ketergesaan dalam menjalankan system, pemakai akhir cenderung mengabaikan perlunya mendokumentasikan rancangan mereka supaya system itu dapat dipelihara.
Penggunaan Sumber Daya Informasi yang tidak Efisien
Apabila tidak ada pengendalian terpusat atas perolehan perangkat keras dan perangkat lunak, perusahaan akhirnya dapat memiliki perangkat keras yang tidak kopatibel dan perangkat lunak yang berlebihan. Misalnya, berbagai merk computer pribadi yang dibeli tidak dapat di hubungkan untuk membentuk jaringan, dan beberapa copy perangkat lunak di beli padahal satu copy saja sebenarnya dapat di gunakan bersama.
Hilangnya Integritas Data
Pemakai akhir mungkin kurang berhati-hati dalam memasukkan data k dalam database perusahaan. Pemakai lain mungkin menggunakan data yang salah, namun mengira bahwa data tersebut tepat. Hasilnya adalah output yang terkontaminasi yang dapat menyebabkan manajer membuat keputusan yang keliru.
Hilangnya Keamanan
Dengan cara yang sama, pemakai akhir mungkin tidak melindungi data dan perangkat lunaknya. Disket dibiarkan tergeletak di meja, hasil cetakan di buang di keranjang sampah, pintu keruang computer dibiarkan tidak terkunci, dan seterusnya. Kriminal computer dapat mengakses system dan membahayakan perusahaan dengan berbagai cara.
Hilangnya pengendalian
Para pemakai mengembangkan system untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri tanpa menyesuaikan pada rencana yang memastikan dukungan computer bagi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar