Sabtu, 02 Januari 2010

MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

Keunggulan Kompetitif
Istilah yang berkaitan dengan lingkungan yang muncul selama akhir 1980-an adalah keunggulan kompetitif (competitive advantage). Keunggulan kompetitif dapat di capai melalui banyak cara, seperti menyediakan barang dan jasa dengan harga murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari pesaing, dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segemen pasar trtentu. Pada bidang computer, keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan Leverage di pasar. Idenya adalah perusahaan tidak harus sepenuhnya mengandalkan sumber daya fisik yang lebih unggul saat terlibat dalam persaingan. Sebaliknya, sumber daya konseptual yang unggul data dan informasi dapat digunakan sama baiknya. Manager perusahaan menggunakan sumber daya konseptual maupun sumber daya fisik untuk mencapai tujuan strategis perusahaan.
Jenis-jenis Sumber Daya Informasi :
1.Perangkat keras computer
2.Perangkat lunak computer
3.Spesialis informasi
4.Pemakai
5.Fasilitas
6.Database
7.Informasi
Perencanaan Strategis
Perencanaan jangka panjang juga di kenal sebagai perencanaan strategis karena mengidentifikasi tujuan-tujuan yang akan memberi perusahaan posisi yang paling menguntungkan dalam lingkungannya, serta menentukan strategi-strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Pentingnya perencanaan strategis pada manajemen tingkat atas merupakan alas an Robert Anthony menamakan tingkat perencanaan strategis.
Ketika perusahaan mengorganisasikan para eksekutifnya ke dalam suatu komite eksekutif, kelompok inilah yang pasti akan memikul tanggung jawab perencanaan strategis.
Perencanaan Stratgis Fungsional
Ketika para eksekutif perusahaan telah sepenuhnya berkomitmen pada perencanaan strategis, mereka melihat perlunya tiap bidang fungsional untuk mengembangkan rencana strategisnya sendiri. Rencana fungsional merinci bagaimana bidang-bidang tersebut akan mendukung perusahaan ketika perusahaan bekerja untuk mencapai tujuan strategisnya.
Satu pendekatan bagi perencanaan strategis fungsional adalah bahwa tiap bidang menetapkan rencananya sendiri terlepas dari yang lain. Namun, pendekatan ini tidak menjamin bahwa bidang-bidang tersebut akan bekerja sama sebagai rangkaian subsistem yang terpadu.
Perencanaan Strategis Sumber Daya Informasi
Transformasi Kumpulan Strategi
Ketika jasa informasi mulai mengembangkan rencana-rencana strategis, pendekatan yang di anjurkan adalah mendasarkan rencana tersebut sepenuhnya pada tujuan strategis perusahaan, yang di istilahkan dengan kumpulan strategi organisasi
(organizational strategy set). Langkah kedua yang terpisah adalah rencana jasa informasi yang dibuat untuk mendukung tujuan perusahaan. Rencana jasa informasi itu disebut kumpulan strategi SIM (MIS strategy set), dan terdiri dari sejumlah tujuan, kndala, dan strategi. Pendekatan ini yang dinamakan transformasi kumpulan strategi (strategy set transformation)
Pendekatan SPIR
Solusi untuk masalah tidak memadainya sumber daya informasi adalah perencanaan strategis sumber daya informasi (strategic planning for information resources), atau SPIR. ketika perusahaan menerapkan SPIR, rencana strategis untuk jasa informasi dan perusahaan dikembangkan secara besamaan.
Isi dari Perencanaan Strategis Sumber Daya Informasi
Intinya rencana tersebut harus menjelaskan : (1) tujuan-tujuan yang akan dicapai oleh tiap subsistem CBIS selama periode yang tercakup dalam jangka waktu perencanaan, (2) sumber daya informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar